Saturday, July 27, 2013

Chocolate Custard Muffin

Lagi iseng-iseng mau membuat sesuatu untuk buka puasa, lihat-lihat kumpulan resep ketemu resep ini. Dicobalah langsung...
Resepnya saya dapat dari sini.
Saya modifikasi sedikit sesuai ketersediaan bahan di rumah :D

Bahan:
- 50 gr maizena
- 3 sdm coklat bubuk
- 100 gr brown sugar (saya pakai gula palem)
- 225 ml air biasa
- 75 gr butter
- 125 gr dark chocolate, potong kecil
- 75 ml minyak sun flower (saya pakai soya oil)
- ½ sdt vanili bubuk
- 2 butir telur
- 125 gr gula kastor (saya pakai gula pasir)
- 125 gr tepung terigu protein sedang (saya pakai 110 gr segitiga biru + 15 gr cakra kembar)
- 2 ½ sdt baking powder (saya pakai 2 sdt)
- Coklat chips untuk taburan (saya tidak pakai)

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180C, siapkan loyang muffin dan cup kertasnya (saya pakai loyang muffin teflon yang diolesi margarin sedikit).
2. Campur maizena dan coklat bubuk, ayak ke dalam panci, tambahkan gula palem dan air, aduk sampai tidak bergerindil. Masak sambil diaduk terus sampai meletup-letup dan licin. Angkat
3. Masukkan butter dan dark chocolate. Aduk sampai meleleh.
4. Tambahkan minyak, vanili dan 1 butir telur. Aduk rata.
5. Tambahkan sisa telur dan gula pasir, aduk lagi sampai rata dan kental.
6. Campur terigu dan baking powder, masukkan ke dalam adonan sambil diayak. Aduk asal tercampur rata, jangan overmix. Tuang ke dalam loyang muffin setinggi 3/4nya. Taburi coklat chips (kalau pakai).
7. Panggang selama 25 menit.



Karena lagi gak puasa, bisa nyobain langsung :P hasilnya enaaaak.


Selain dimakan polos, saya juga iseng kasih taburan keju parut, enak!! Lalu dicoba juga kasih olesan selai kacang, enak juga!! *banyak juga ternyata nyobainnya dan gak sempat difoto* :P

Oiya, adonan ini hasilnya kira-kira 12-15 cup besar, saya waktu itu mencoba mengisi adonan setinggi setengahnya saja, jadinya lucu juga bentuknya... Ini perbandingannya.


No comments: